Minggu, 17 November 2013

BAGAIMANA SEHARUSNYA SIKAP SEORANG MUSLIM KETIKA ADA SAUDARANYA YANG MENINGGAL


Sebagian orang Muslim di Indonesia pada khususnya, seringkali salah kaprah dalam mensikapi kematian saudara atau tetangga mereka. Apa yang dilakukan oleh beberapa kalangan ummat Islam di Indonesia terhadap keluarga orang yang meninggal ternyata masih belum sesuai dengan apa yang dicontohkan dan dianjurkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya.

Rasulullah pernah bersabda dalam sebuah hadits :

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ جَعْفَرٍ قَالَ لَمَّا جَاءَ نَعْيُ جَعْفَرٍ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اصْنَعُوا لِأَهْلِ جَعْفَرٍ طَعَامًا فَإِنَّهُ قَدْ جَاءَهُمْ مَا يَشْغَلُهُمْ
Dari Abdullah bin Ja'far رضي الله عنهما, tatkala kabar kematian Ja'far رضي الله عنه sampai kepada Nabi صلى الله عليه وسلم, beliau bersabda, "Buatkan makanan untuk keluarga Ja'far karena saat ini ada sesuatu yang menyibukkan mereka." (HR at-Tirmidzi no. 1014 dll. At-Tirmidzi menilai hadits ini sebagai hadits hasan.)
jadi menurut hadits ini jelas sekali bahwa sikap yang harus ditunjukan oleh seorang muslim adalah menghibur keluarga yang ditinggal mati oleh saudaranya. dan diantara cara yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW adalah dengan cara memberi makanan kepada mereka bukan sebaliknya malah ikut makan di rumah mereka...
semoga kita terjaga dari perbuatan-perbuatan yang tidak dicontohkan oleh Rasul kita Muhammad SAW...
 untuk lebih jelasnya mengenai pembahasan ini, ada sebuah ebook yang menarik untuk dipelajari yang penulis kutif dari blog http://ibnumajjah.com.
bagi teman-teman yang berminat untuk membaca dan mempelajari ebook tersebut silahkan langsung saj download DISINI.
Selamat membaca dan mempelajari. semoga bermanfaat!!! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar